Penulis / NIM
ALWIA LADJIDJI / 911410167
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK
Alwia Ladjidji, NIM 911 410 167. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VIIIc SMP Negeri I Botupingge. Skripsi. Dibawah Bimbingan Ibu Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd Dan Bapak Roy Hasiru, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo 2014
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran Make A Mtach pada mata pelajaran IPS Terpadu dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hipotesis penelitian adalah "jika menggunakan model pembelajaran Make A Match pada mata pelajaran IPS Terpadu, maka hasil belajar siswa pada kelas VIIIc SMP Negeri I Botupingge akan meningkat", dengan indikator penelitian : dimana bila siswa memperoleh nilai atau hasil belajar mengalami ketuntasan yaitu 75 akan meningkat dari 40% menjadi 80%.
Hasil belajar yang belum sesuai target yang diharapkan antara lain disebabkan oleh beberapa aspek kegiatan guru yang belum terlaksana secara optimal pada siklus I. setelah dilakukan perbaikan dan penyempurnaan aspek-aspek kegiatan belajar mengajar, pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan pada hasil pengamatan pelaksanaan siklus II yang menunjukkan bahwa dari 22 siswa dikelas VIIIc SMP Negeri I Botupingge tahun 2013/2014 yang dikenai tindakkan memperoleh nilai 75 keatas terdapat 18 orang siswa (81,81%) dengan rata-rata 82,04%. Berdasarkan data analisis nilai yang diperoleh dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match pada mata pelajaran IPS Terpadu dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Make A Match.
Download berkas