SKRIPSI

Penulis / NIM
ANDI NURYATI NGANRO / 911410168
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK Andi Nuryati Nganro, 911410168, 2014. "Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tari Bambu Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Di SMA Negeri 1 Paguat Kabupaten Pohuwato Propinsi Gorontalo. Skripsi, Konsentrasi Pendidikan Akuntansi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Dra. Irina Popoi, S.Pd,, M.Pd dan Pembimbing II Bapak Roy Hasiru, S.Pd.,M.Pd. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi di SMA Negeri 1 Paguat Kabupaten Pohuwato Propinsi Gorontalo melalui model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian berjumlah 30 orang. Variabel penelitian terdiri dari variabel input, proses dan output. Prosedur penelitian terdiri dari persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, analisis dan refleksi dan desain pembelajaran. Instrumen pengumpulan data berupa lembar pengamatan untuk menilai kegiatan guru, lembar pengamatan untuk menilai kegiatan siswa dan lembar tes. Teknik analisis data dilaksanakan menggunakan kriteria penilaian prestasi belajar. Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah hipotesis penelitian yang berbunyi, jika digunakan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu pada siswa kelas X D pada mata pelajaran IPS Ekonomi di SMA Negeri 1 Paguat Kabupaten Pohuwato Propinsi Gorontalo, maka hasil belajar akan meningkat. Dapat diterima karena didukung dengan hasil tindakan dan analisis data. 1) Siswa yang memperoleh hasil belajar minimal 75 meningkat dari 36.67 % hasil observasi awal menjadi 40 % hasil siklus I dan meningkat lagi menjadi 83.33 % hasil siklus II, 2) Hasil pengamatan kegiatan guru yang termasuk kategori sangat baik meningkat dari 3.33 % siklus I menjadi 46.67 % pada siklus II, 3) Hasil pengamatan kegiatan siswa yang termasuk kategori sangat baik meningkat dari 3.85 % siklus I menjadi 46.15 % siklus II. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tari Bambu.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011