Penulis / NIM
DELPITA NAUS / 911410170
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK
Delpita Naus, NIM 911 410 170. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Inkuiri Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VIIb SMP Negeri 11 Kota Gorontalo. Skripsi. Dibawah Bimbingan Ibu Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd Dan Bapak Roy Hasiru, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo 2014
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hipotesis penelitian adalah "jika menggunakan metode pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran IPS, maka hasil belajar siswa pada kelas VIIb SMP Negeri 11 kota gorontalo akan meningkat", dengan indikator penelitian : dimana bila siswa memperoleh nilai atau hasil belajar mengalami ketuntasan yaitu 75 akan meningkat dari 48% menjadi 75%.
Hasil belajar yang belum sesuai target yang diharapkan antara lain disebabkan oleh beberapa aspek kegiatan guru yang belum terlaksana secara optimal pada siklus I. setelah dilakukan perbaikan dan penyempurnaan aspek-aspek kegiatan belajar mengajar, pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan pada hasil pengamatan pelaksanaan siklus II yang menunjukkan bahwa dari 27 siswa dikelas VIIb Negeri 11 Kota Gorontalo tahun 2013/2014 yang dikenai tindakkan memperoleh nilai 75 keatas terdapat 23 orang siswa (85,2%) dengan rata-rata 80,44%. Berdasarkan data analisis nilai yang diperoleh dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Metode Pembelajaran Inkuiri
Download berkas