Penulis / NIM
HAWA K. JAKARIA / 911410172
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
Abstrak
ABSTRAK
Hawa K. Jakaria. NIM. 911 410 172 "Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Mootilango Kabupaten Gorontalo. Skripsi 2014. Jurusan Pendidikan Ekonomi Konsentrasi Pendidikan Perkantoran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo Tahun 2014. Pembimbing I, Dr. Hi. Usman Moonti,. M.Si dan Pembimbing II, Rustam Tohopi, S.Pd,. M.Si.
Permasalahan dalam Penelitian ini adalah Apakah Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VII SMP Negeri 2 Mootilango Kabupaten Gorontalo?
Adapun tujuan penelitian ini untuk untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Metode yang digunakan dalam peneltian ini yakni Penelitian Tindakan kelas dengan Teknik Pengumpulan yang diperoleh dari observasi dan dokumentasi. Subjek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII, Dengan jumlah siswa terdiri dari 33 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada siklus I dan II. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata kelas mencapai 7,15% dan ketuntasan klasikal sebesar 75,15%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 8,37% dan ketuntasan klasikal meningkat menjadi 83,78%, penelitian tindakan kelas pada mata pelajaran IPS Terpadu dengan materi Kreatifitas di kelas VII SMP Negeri 2 Mootilango Kabupaten Gorontalo dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
Download berkas