SKRIPSI

Penulis / NIM
SUSIYATI MANTI / 911410179
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Ir. SYARWANI CANON, M.Si / 0024076506
Pembimbing 2 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Abstrak
ABSTRAK Susiyati Manti, NIM 911 410 179. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Artikulasi Dikelas VIII SMP Negeri I Limboto Barat". Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr. Ir. Syarwani Canon, M.Si. Pembimbing II Meyko Panigoro, S.Pd, M.Pd. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan rumusan masalah "Apakah melalui model pembelajaran kooperatif tipe Artikulasi, dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII SMP Negeri I Limboto Barat akan meningkat?". Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII SMP Negeri I Limboto Barat. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri I Limboto Barat, dengan subjek penelitian adalah kelas VIII-2 tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 25 siswa terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 (dua) siklus. Variabel output dari penelitian ini berupa meningkatkan hasil belajar siswa dikelas VIII-2 yang memperoleh nilai 75 keatas pada mata pelajaran IPS Terpadu dari 36% menjadi 75%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan selama 2 (dua) siklus, proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dimana pada observasi awal dari jumlah siswa 25 orang siswa hanya 36% siswa yang mendapat hasil belajar tuntas dengan nilai rata-rata diatas 75. Pada saat model pembelajaran dirubah dari ceramah menjadi model pembelajaran kooperatif tipe Artikulasi, hasil belajar siswa pada siklus 1 menunjukkan nilai rata-rata kelas mencapai 70,2 dan ketuntasan klasikal 56%. Pada siklus 2 nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 85,6 dan ketuntasan klasikal 84%. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi "jika guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Artikulasi hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu dikelas VIII SMP Negeri I Limboto Barat dapat diterima". Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Artikulasi
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011