Penulis / NIM
WINTA PAKAYA / 911410180
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
IMRAN ROSMAN HAMBALI, S.Pd., SE., MSA / 0023087004
Pembimbing 2 / NIDN
BADRIYYAAH DJULA, S.Pd, M.Pd / 0016087003
Abstrak
Winta Pakaya. Nim 911410180 . Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode
Pemberian Tugas dan Resitasi Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII
A
SMP Negeri 4
IlomataKecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Program Studi Pendidikan
Ekonomi Perkantoran Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Imran R.Hambali, S.Pd, SE,MSA dan
Pembimbing II Ibu Badriyyah Djula S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini di laksanakan berdasarkan rumusan masalah " Apakah dengan
penggunaan metode pemberian Tugas dan Resitasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa"
sedang yang menjadi tujuan penelitian menge tahui upaya meningkatkan hasil belajar siswa
melalui penggunaan metode pemberian Tugas dan Resitasi pada mata pelajaran IPS dengan
pokok bahasan menggunakan peta , Atlas, Globe untuk mendapatkan inpormasi keruangan di
kelas VII
A
SMP Negeri Ilomata Kecamatan Atinggola.
Hasil Tindakan dari penelitian ini adalah sebagai berikut : Tindakan Hasil Siklus I
adalah : Hasil Belajar Siswa Dari 25 orang yang di kenai tindakan , memperoleh nilai diatas
70 berjumlah 17 orang (68%) sedangkan yang memperoleh nilai di bawah berjumlah 8 orang
(32%). Dengan demikian tindakan di lanjutkan ke siklus berikutnya karena belum memenuhi
indicator kinerja yang telah di tetapkan. Hasil tindakan siklus II menunjukkan : hasil belajar
siswa dari 25 orang yang di kenai tindakan, yang mem peroleh nilai di atas 70 berjumlah 23
orang (92%), sedangkan yang memperoleh nilai di bawah 70 berjumlah 2 orang (8%). Hal ini
berarti hasil pelaksanaan tindakan yang di lakukan sudah sesuai dengan indikator kinerja
yang di tetapkan dan tidak perlu lagi dilanjutkan kesiklus berikutnya.
Untuk itu hipotesis penelitian tindakan yang berbunyi: " Jika guru menggunakan
metode Penberian Tugas dan Resitasi, maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS
dengan pokok bahasan menggunakan peta, atlas, globe untuk mendaptkan in formasi
keruangan di kelas VII
A
akan meningkat" ternyata terbukti dan dapat di terimah.
Kata Kunci : Pemberian Tugas dan resitasi dan Hasil Belajar Siswa
Download berkas