Penulis / NIM
ASRIANTO S. MANTO / 911411001
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
Asrianto S Manto. NIM : 911 411 001. Explicit Instruction Dalam meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Penelitian Pada Kelas XI Sos3 SMA Negeri 1 Tapa). Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo 2012. Di bawah bimbingan Ibu Dra. Salma Bowtha.,M.Pd , dan Bapak Mr. Roy Hasiru, S.Pd., M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penggunaan model pembelajaran Eksplicit Instruction di Kelas XI Sos3 SMA Negeri I Tapa khususnya pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Sos3 SMA Negeri 1 Tapa Gorontalo khususnya pada mata pelajaran ekonomi melalui penggunaan model pembelajaran Eksplicit Instructionv. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar yang dilakukan secara bersiklus. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisa untuk memperoleh rata-rata daya serap siswa guna mengetahui ketuntasan hasil belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran Eksplicit Instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Sos3 SMA Negeri I Tapa Gorontalo tahun pelajaran 2013/2014 pada mata pelajaran ekonomi. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari 65,52% menjadi 93,10% atau rata-rata kelas 74,48 pada siklus I menjadi 81,37 pada siklus II. Sehingga hipotesis yang berbunyi "Jika digunakan Model Pembelajaran Eksplicit Instruction, maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI Sos3 SMA Negeri 1 Tapa Gorontalo akan meningkat", dinyatakan dapat diterima.
Model pembelajaran Eksplicit Instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa, oleh sebab itu guru perlu menggunakan model pembelajaran Eksplicit Instruction dalam kegiatan belajar mengajar.
Kata Kunci: Hasil Belajar dan Eksplicit Instruction.
Download berkas