SKRIPSI

Penulis / NIM
SULTAN ADNAN / 911411002
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK SULTAN ADNAN. Nim 911 411 002. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Mind Mapping Pada Mata Pelajaran IPS Di SMK Gotong Royong Telaga KabupatenGorontalo"Skripsi. Kosentrasi Pendidikan Perkantoran program studi Pendidikan Ekonomi jurusan Pendidikan Ekonomi ,Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing II Roy Hasiru, S.Pd. M.Pd.dan pembimbing I Meyko Panigoro S.Pd. M.Pd. Pelaksanaan penelitian ini didasarkan pada rumusan masalah Apakah penerapan model Mind Mapping pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI SMK Gotong Royong Telaga Kabupaten Gorontalo. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan didasarkan pada hasil survey yang telah dilaksanakan oleh peneliti pada bulan November 2014 pada saat PPL 2 dengan subyek penelitian dikelas X1 IPS berjumlah 28 orang laki-laki 10 orang, perempuan 18 orang. Variabel penelitian terdiri variabel input, proses dan output. Tahap penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data yakni lembar pengamatan untuk mengamati kegiatan guru dan siswa, serta lembar tes untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa. Teknik analisis data dilaksanakan secara kuantitatif pada setiap akhir siklus pembelajaran dengan menggunakan data hasil observasi kegiatan guru dan aktivitas belajar siswa serta data hasil belajar siswa. Sebagai kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah hipotesis penelitian yang berbunyi: jika guru menggunakan Penerapan Model Mind Mapping Pada Mata Pelajaran IPS Di SMK Gotong Royong Telaga Kabupaten Gorontalo maka hasil belajar siswa dapat meningkat. Dapat diterima karena didukung dengan hasil belajar siswa yang meningkat pada tahap observasi awal hasil belajar hanya 42,86% setelah dilakukan siklus I meningkat menjadi 64,28% dan meningkat lagi setelah dilakukan siklus II menjadi 82,14%. Kata kunci: Hasil Belajar Siswa dan Model Mind Mapping.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011