Penulis / NIM
ALWIYAH TONTOLI / 911411008
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
ABSTRAK
ALWIYAH TONTOLI NIM: 911 411 008. Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kartu Arisan pada materi Masalah Ekonomi Kelas X-G SMA N 1 Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. 2015. Dibawah bimbingan Bapak Dr. H. Usman Moonti, M.Si, dan ibu Radia Hafid, S.Pd, M.Si.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-G SMA N 1 Bongomeme khususnya pada mata pelajaran Ekonomi melalui penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Kartu Arisan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar yang dilakukan secara bersiklus. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisa untuk memperoleh rata-rata daya serap siswa guna mengetahui ketuntasan hasil belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kartu Arisan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-G SMA N 1 Bongomeme tahun pelajaran 2013/2014 pada mata pelajaran Ekonomi. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari 63,63% menjadi 90,90% atau rata-rata kelas 74,54 pada siklus I menjadi 89,54 pada siklus II. Sehingga hipotesis yang berbunyi "Jika digunakan Model Pembelajaran Kooperatif kartu arisan, maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi pada siswa kelas X-G SMA N 1 Bongomeme akan meningkat", dinyatakan dapat diterima.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa dan Kooperatif tipe Kartu Arisan.
Download berkas