Penulis / NIM
NAWIN A. LANTU / 911411010
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Ir. SYARWANI CANON, M.Si / 0024076506
Pembimbing 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
Nawin A. Lantu. 2015. Komparasi Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Di SMA Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Kosentrasi Pendidikan Ekonomi Akuntansi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Ir. Syarwani Canon, M.Si. dan Pembimbing II Radia Hafid, S.Pd., M.Si.
Masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan penggunaan model pembelajaran problem based learning dengan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS ekonomi di SMA Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X4 dan X5 berjumlah 52 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen (X1)= 77.12 sedangkan kelas eksperimen (X2) = 73.27 dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen (X1) dan (X2). saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu model pembelajaran problem based learning dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran di sekolah untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Discovery Learning, dan Hasil Belajar
Download berkas