Penulis / NIM
SUSAN EKE / 911411011
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Ir. SYARWANI CANON, M.Si / 0024076506
Pembimbing 2 / NIDN
SRI INDRIYANI S DAI, SE, ME / 0024018402
Abstrak
ABSTRAK
Susan Eke. Nim 911011411. 2016. Pengaruh disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 bolaang uki. Kab Bolaang Mongondow Selatan Propinsi Sulawesi Utara. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Bapak Prof. Dr. Ir. Syarwani Canon, M.Si dan Ibu Sri Indriyani S. Dai, SE, ME
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Bolaang Uki Kab. Bolaang Mongondow Selatan propinsi Sulawesi Utara.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Yaitu metode secara sistematis menggambarkan pengaruh antara disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bolaang Uki yang bejumlah 85 orang.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa disiplin belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Ekonomi. Dapat pula dilihat bahwa kemampuan variabel bebas dalam menjelaskan variabel terikat cukup baik dengan nilai koefisien determinasi 49,7%. Hasil ini menunjukan bahwa variabilitas hasil Belajar Mata pelajaran Ekonomi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bolaang Uki Kab. Bolaang Mongondow Selatan dapat dipengaruhi oleh disiplin belajar siswa, sedangkan sisanya sebesar 50,3.
Kata Kunci: Displin Belajar Siswa, Hasil Belajar
Download berkas