Penulis / NIM
MEILAN TUE / 911411012
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FAHRUDIN ZAIN OLILINGO, SE., M.Si / 0028105805
Pembimbing 2 / NIDN
IDRIS YANTO NIODE, S.Pd, MM / 0026107802
Abstrak
ABSTRAK
Meilan Tue. 911411012. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Di SMK Negeri 1 Boalemo". Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas negeri gorontalo. Di bawah bimbingan Bapak Dr. Fachrudin Z. Olilingo, SE.,M.Si dan Bapak Idris Yanto Niode, S.Pd.,MM.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar melalui model pembelajaran Creative Problem Solving . Subyek penelitian adalah siswa kelas X di SMK Negeri 1 Boalemo yang berjumlah 26 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah berupa lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siswa, dan hasil belajar. Teknik analisis data yang dilakukan dengan cara kuantitatif serta menggunakan kriteria penilaian hasil belajar. Dimana dalam penelitian ini terdapat tiga variabel yaitu variabel input, variabel proses, dan variabel output. Prosedur penelitian meliputi siklus I dan Siklus II, masing - masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, obeservasi dan evaluasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh hasil belajar 75 ke atas meningkat dari 42,30% hasil observasi awal menjadi 53,84% hasil siklus I dan meningkat lagi menjadi 92,31% hasil siklus II, Dengan demikian hipotesis yang berbunyi bahwa jika digunakan model pembelajaran CPS, maka hasil belajar siswa meningkat teruji kebenarannya.
Kata kunci : Hasil Belajar dan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS)
Download berkas