Penulis / NIM
SILFANI NIHE / 911411013
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MUHAMMAD AMIR ARHAM, M.E. / 0025077203
Pembimbing 2 / NIDN
FITRI HADI YULIA AKIB, SE, ME / 0025078201
Abstrak
ABSTRAK
Silfani Nihe, 911 411 013. Pengaruh Penggunaan Media PembelajaranTerhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Tilamuta. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Bapak Dr. Muhammad Amir Arham, ME selaku Pembimbing I dan Pembimbing II dengan Ibu Hj. Fitri Hadi Yulia Akib, SE, ME. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan tujuan penelitian: untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1Tilamuta.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 43 orang.Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Dengan variabel X yaitu : media pembelajaran dan variabel Y yaitu : aktivitas belajar siswa, sesuai dengan metode penelitian maka data yang diperoleh dari penyebaran angket dianalisis secara statistik dengan menggunakan uji regresi.
Sebagai simpulan dari penelitian adalah: 1.) penggunaan media pembelajaran berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa. 2.) persamaan regresi yaitu = 41,206 + 0,804(X) menunjukkan bahwa setiap kenaikan satu skor penggunaan media pembelajaran akan diikuti oleh peningkatan skor aktivitas belajar siswa sebesar 0,804 unit pada konstanta 41,206. 3.) Pengaruh signifikan antara penggunaan media pembelajaran dengan aktivitas belajar siswa didukung oleh koefisien korelasi sebesar (rxy) sebesar 0,399 dengan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,159. Hal ini berarti bahwa 15,9% variasi yang terjadi pada aktivitas belajar siswa dijelaskan oleh variasi penggunaan media pembelajaran melalui persamaan regresi ( Y) = 41,206+ 0,804(X). 4.) Berdasarkan hasil perhitungan nilai thitung > nilai thitung atau 2,78 > 1,68, maka H0 ditolak (H1 diterima), yang berarti terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap aktivitas belajar siswa.
Kata Kunci : Penggunaan Media Pembelajaran, Aktivitas Belajar Siswa.
Download berkas