Penulis / NIM
BAROKA ROMADHON / 911411016
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK
Baroka Romadhon. 911411016. Pengaruh Disiplin Belajar Dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Prasetya Gorontalo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan Dr. H. Rosman Ilato, M. Pd selaku Pembimbing I dan Bapak Agil Bahsoan S. Ag, M. Ag selaku Pembimbing II.
Penelitian ini didasarkan pada rumusan masalah yaitu apakah disiplin belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Prasetya Gorontalo. Adapun yang menjadi tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Prasetya Gorontalo.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Kuantitatif dengan menggunakan analisis secara statistik uji regresi linier sederhana. Berdasarkan analisa data tersebut diperoleh persamaan regresi dan hipotesis berpengaruh signifikan karena setiap perubahan variabel Disiplin Belajar akan mempengaruhi Hasil Belajar Siswa. Setelah itu dilakukan pengujian hipotesis, yakni pengujian terhadap koefisien regresi dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil perhitungan niai thitung lebih besar dari pada nilai ttabel. Sehingga dapat dilihat adanya pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Prasetya Gorontalo.
kata Kunci : Disiplin Belajar dan Hasil Belajar Siswa
Baroka Romadhon, Mahasiswa, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo
Download berkas