Penulis / NIM
MOHAMAD NUR ARKY YASIN / 911411017
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstrak
ABSTRAK
Moh. Nur Arky Yasin, Nim: 911 411 017. Motivasi Belajar Terhadap Aktivitas
Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Di SMP Negeri 1 Tapa Kabupaten
Bone Bolango. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurusan Pendidikan
Ekonomi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Bapak Dr. H.
Usman Moonti, M.Si selaku Pembimbing I dan Pembimbing II dengan Ibu Melizubaida
Mahmud, S.Pd, M.Si
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan rumusan masalah: "Apakah Terdapat
Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS
Kelas VII di SMP Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango?".
Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Metode ini
menggambarkan pengaruh motivasi belajar terhadap aktivitas belajar siswa. Dalam hal
ini motivasi belajar merupakan variabel X (independent variable) atau variabel bebas
dan aktivitas belajar siswa merupakan variabel Y (dependent variable) atau variabel
terikat. dengan jumlah sampel 45 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan
terdiri dari observasi dan angket.
Sebagai kesimpulan dari penelitian : (1) persamaan regresi yaitu = 28.72+ 0,76X. Hal
ini berarti setiap terjadi perubahan sebesar satu unit variabel X (motivasi belajar), maka
akan diikuti oleh perubahan rata-rata variabel Y (aktivitas belajar siswa) sebesar 0,76
(2) Hasil pengujian persamaan regresi diperoleh harga Fhitung = 1.29 sedangkan dari
daftar distribusi frekuensi diperoleh Fdaftar = 2.09. Ternyata harga Fhitung lebih kecil dari
harga Fdaftar, sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi hasil perhitungan
data penelitian itu berbentuk linier. (3) Hasil pengujian keberartian atau signifikan
persamaan regresi dinyatakan signifikan. Hal ini terlihat dari perhitungan harga Fhitung =
25.73 sedangkan Ftabel (0.95)(1.43) = 4.07. Karena harga Fhitung lebih besar dari Ftabel
(25.73 4.07), maka Ho ditolak dan diterima Ha (4) Motivasi belajar memberikan
kontribusi (sumbangan) terhadap aktivitas belajar siswa sebesar 37.44% , dan sisanya
62.56% ditentukan oleh variabel lain, seperti kreativitas guru, fasilitas belajar dan lain-
lain.
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Aktivitas Belajar Siswa
Download berkas