Penulis / NIM
MARYAM ANTUNGO / 911411021
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Pembimbing 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstrak
ABSTRAK
Maryam Antungo. 911 411 021. "Pengaruh pembelajaran discovery learning (penemuan) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ips Terpadu Kelas VIII-D SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango". Program Studi Pendidikan Ekonomi Konsentrasi Pendidikan Ekonomi Perkantoran, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Ibu Meyko Panigoro, S.Pd. M.Pd dan Ibu Melizubaida Mahmud, S.Pd. M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh pembelajaran discovery learning (penemuan) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII-D di SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskritif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-D SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango yang berjumlah 28 orang. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwaTerdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penerapan metode pembelajaran discovery learning terhadap motivasi belajar siswa. Semakin baik penerapan metode pembelajaran discovery learning yang dilakukan maka akan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Besar pengaruh dari penerapan metode pembelajaran discovery learning terhadap motivasi belajar siswa mencapai 40,3% sedangkan sisanya sebesar 59,7% motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata kunci: Discovery Learning, Motivasi Belajar Siswa
Download berkas