Penulis / NIM
YUNINGSIH S.DATAU / 911411022
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
SUPARDI NANI, SE., M.Si / 0017077601
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK
Yuningsi S. Datau. NIM. 911 411 022. "Pengaruh Status Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa untuk Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi (Studi Penelitian di SMA Negeri 4 Gorontalo)". Program studi pendidikan ekonomi. Konsentrasi akuntansi. Jurusan pendidikan ekonomi. Fakultas ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan bapak Supardi Nani, SE, M.Si dan Agil Bahsoan, S.Ag, M.Ag.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh status sosial ekonomi keluarga terhadap motivasi belajar siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi di SMA Negeri 4 Gorontalo.
Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan tujuan untuk memberikan gambaran positif antara status sosial ekonomi keluarga terhadap motivasi belajar siswa dalam melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji persyaratan dan uji hipotesis yang meliputi analisis regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh status sosial ekonomi keluarga secara signifikan dengan motivasi belajar siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi di SMA Negeri 4 Gorontalo. Koefisien determinasi (r2 = 0,196) atau 19,60%. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi belajar untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi dipengaruhi oleh status sosial ekonomi keluarga sedangkan sisanya 80,40% dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata kunci: Status Sosial, Motivasi Belajar
Download berkas