SKRIPSI

Penulis / NIM
YUSMAN K. NUSI / 911411025
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK NUSI, YUSMAN K. NIM. 911411025. 2011. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Mata Pelajaran IPS SMP N 11 Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Konsentrasi Pendidikan Ekonomi Perkantoran. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan: Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd, dan Agil Bahsoan, S.Ag, M.Ag. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan penggunaan model pembelajaran teams games tournaments (TGT) dengan model pembelajaran student teams achievements division terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 11 kota gorontalo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 11 Kota Gorontalo tahun 2015 sejumlah 5 kelas. Dari populasi tersebut diambil dua kelas sebagai sampel yaitu kelas VIIA dan VIIB dimana kedua kelas ini dijadikan sebagai kelas eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan melakukan eksperimen, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen (X1)=79,33 sedangkan kelas eksperimen (X2)=69,33. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa harga X2daftar=X2 0,01 + 0,75 + 0,16 + 0.08 + 0,13 + 8,08 = 9,23. Hal ini menunjukkan masing-masing kelas berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Nilai rata-rata post-test kelas eksperimen (X1) dan kelas eksperimen (X2) dari hasil ini diperoleh nilai thitung=3,95 untuk =0,005 diperoleh nilai tdaftar=2,66, hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak, Ha diterima. Sehingga hipotesis yang berbunyi "terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran teams games tournaments dan model pembelajaran student teams achievement divison pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 11 kota Gorontalo" dapat di terima secara ilmiah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen (X1) dan (X2). Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu model pembelajaran teams games tournaments dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran disekolah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : model pembelajaran teams games tournaments, student teams achievements divison, dan hasil belajar.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011