SKRIPSI

Penulis / NIM
KEMALA PUTRI TANGAHU / 911411026
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstrak
ABSTRAK Kemala Puteri Tangahu, Nim: 911 411 026. Pengaruh Variasi Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Bapak Dr. H. Usman Moonti, M.Si selaku Pembimbing I dan Pembimbing II dengan Ibu Melizubaida Mahmud, S.Pd, M.Si Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar "Pengaruh Variasi Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango". Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah Metode kuantitatif. Metode ini menggambarkan pengaruh variasi mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa. Dalam hal ini variasi mengajar guru merupakan variabel X (independent variable) atau variabel bebas dan motivasi belajar siswa merupakan variabel Y (dependent variable) atau variabel terikat. Dengan jumlah sampel 63 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi dan angket. Sebagai kesimpulan dari penelitian : (1) persamaan regresi yaitu = 38.56+ 0,55X. Hal ini berarti setiap terjadi perubahan sebesar satu unit variabel X (variasi mengajar guru), maka akan diikuti oleh perubahan rata-rata variabel Y (motivasi belajar siswa) sebesar 0,55 (2) Hasil pengujian persamaan regresi diperoleh harga Fhitung = 0.86 sedangkan dari daftar distribusi frekuensi diperoleh Fdaftar = 1.80. Ternyata harga Fhitung lebih kecil dari harga Fdaftar, sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi hasil perhitungan data penelitian itu berbentuk linier. (3) Hasil pengujian keberartian atau signifikan persamaan regresi dinyatakan signifikan. Hal ini terlihat dari perhitungan harga Fhitung = 46.92 sedangkan Ftabel (0.95)(1.61) = 4.00. Karena harga Fhitung lebih besar dari Ftabel (46.92 4.00), maka Ho ditolak dan diterima Ha (4) Variasi mengajar guru memberikan kontribusi (sumbangan) terhadap motivsi belajar siswa sebesar 43.48% , dan sisanya 56.52% ditentukan oleh variabel lain, seperti fasilitas belajar, pengelolaan kelas dan lain-lain. Kata Kunci : Variasi Mengajar Guru, Motivasi Belajar Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011