Penulis / NIM
RISCA MARSANTI HALID / 911411042
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK
Risca Marsanti Halid. NIM.911411042. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Mata Pelajaran Produktif 1 Di SMK Negeri 1 Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Irina Popoi, S.Pd.,M.Pd. dan pembimbing II Agil Bahsoan, S.Ag.,M.Ag.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni: apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada mata pelajaran Produktif 1 dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI-AP 2 SMK Negeri 1 Gorontalo?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas tipe TPS yang dibagi dalam dua siklus dan masing-masing siklus dilaksanakan empat kali petermuan untuk siklus I dan 3 kali prtemuan untuk siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa setelah dilakukan tindakan kelas siklus I dan siklus II diperoleh peningkatan hasil belajar Produktif 1 melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada siswa kelas XI-AP 2 SMK Negeri 1 Gorontalo yang mendapat nilai minimal 75 mencapai 31 orang (89%) sedangkan yang mendapat nilai di bawah 75 berjumlah 4 orang (11%).
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran TPS
Download berkas