Penulis / NIM
MOHAMAD RIFALDI ADAM / 911411047
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. RUSLI ISA, M.Si / 0006076604
Abstrak
ABSTRAK
Mohamad Rifaldi Adam. 911 411 047. 2017, "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas X-IIS4 SMA Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo" Skripsi. Konsentrasi Tata Niaga, Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Dr. H. Usman Moonti, M.Si dan Pembimbing II Bapak Drs. Rusli Isa, M.Si Pelaksanaan penelitian ini didasarkan pada rumusan masalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada Mata pelajaran Ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X-IIS4 SMA Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Objek penelitian berjumlah 31 orang. Variabel penelitian terdiri dari variabel input, proses, dan output. Tahapan penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yakni lembar pengamatan untuk menilai kegiatan guru, lembar pengamatan untuk menilai kegiatan siswa, dan lembar tes untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa. Teknik analisis data dilaksanakan secara kuantitatif pada setiap akhir siklus pembelajaran dengan menggunakan data hasil observasi kegiatan guru dan aktivitas siswa serta data hasil belajar siswa.
Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah hipotesis penelitian yang berbunyi: Jika guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Phair Share pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X-IIS4. Maka hasil belajar siswa akan meningkat. dapat diterima karena didukung dengan hasil analisis data: 1) siswa yang memperoleh hasil belajar minimal 75 meningkat dari 45.17% hasil observasi awal menjadi 58.07% hasil siklus I dan meningkat lagi menjadi 83.87% hasil siklus II, 2) hasil pengamatan kegiatan guru yang termasuk pada kategori sangat baik dan baik meningkat dari 60.00% siklus I menjadi 86.67% pada siklus II, dan 3) hasil pengamatan kegiatan siswa yang termaksud pada kategori sangat baik dan baik meningkat 53.84% siklus I menjadi 84.61% hasil siklus II.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Think Pair Share (TPS)
Download berkas