SKRIPSI

Penulis / NIM
MIARTI / 911411049
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK MIARTI (911 411 049) "Perbandingan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing dan Model Pembelajaran Talking Stick pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Suwawa" Dibimbing oleh: Meyko Panigoro, S.Pd., M.Pd., selaku pembimbing I dan Roy Hasiru, S.Pd., M.Pd, selaku pembimbing II. Permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: Apakah ada perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwling dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran talking stick ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran talking stick . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Suwawa yang terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sistem random sampling (sistem acak) diambil sampel sebanyak 2 kelas yaitu siswa kelas X1 sebagai kelas eksperimen (X) dan siswa kelas X2 sebagai kelas kontrol (Y) yang masing-masing kelas diajar dengan menggunakan 2 (dua) model pembelajaran yang berbeda yaitu model pembelajaran snowball throwling dan talking stick . Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes. Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas data hasil tes dari kedua kelompok tersebut diperoleh bahwa data kedua sampel normal dan homogen. Pengujian hipotesis digunakan Uji t, dari hasil perhitungan pada kelas eksperimen diperoleh t_hitung = 3,01 sedangkan nilai t_tabel = 1,68, oleh karena itu, t_hitung > t_tabel maka Ho ditolak dan hipotesis diterima. Sedangkan hasil perhitungan pada kelas kontrol diperoleh t_hitung = 8,74 sedangkan nilai t_tabel = 1,68, oleh karena itu, t_hitung > t_tabel maka Ho ditolak dan hipotesis diterima. Jadi hasil belajar ekonomi siswa yang diajar dengan model pembelajaran snowball throwing lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran talking stick . Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran, snowball throwing, talking stick
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011