Penulis / NIM
SANTIATY USULU / 911411050
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Pembimbing 2 / NIDN
BADRIYYAAH DJULA, S.Pd, M.Pd / 0016087003
Abstrak
ABSTRAK
Santiaty Usulu, NIM 911 411 050. "Penggunaan Strategi Survey-Question-Read-Recited-Review (SQ3R) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Gorontalo. Skripsi. Dibawah Bimbingan Ibu Meyko Panigoro, S.Pd, M.Pd,Dan Ibu Badriyyah Djula, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo, tahun 2015
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan Penggunaan Strategi Survey-Question-Read-Recited-Review (SQ3R) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sedangkan yang dijadikan Hipotesis penelitian tindakan ini adalah "jika guru menggunakan Penggunaan Strategi Survey-Question-Read-Recited-Review (SQ3R) dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran Ekonomi, maka hasil belajar siswa pada kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 gorontalo akan meningkat", dengan indikator penelitian : dimana bila siswa memperoleh nilai atau hasil belajar mengalami ketuntasan yaitu 75 akan meningkat dari 35,48% menjadi 85%.
Hasil belajar yang belum sesuai dengan yang diharapkan antara lain disebabkan oleh beberapa aspek kegiatan guru, yang belum terlaksana secara optimal pada siklus I. setelah dilakukan perbaikan dan penyempurnaan aspek-aspek kegiatan belajar mengajar, dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 45,16% menjadi 93,55% atau rata-rata kelas 7,097 pada siklus I menjadi 8,26 pada siklus II. Berdasarkan data analisis nilai yang diperoleh dengan Penggunaan Strategi Survey-Question-Read-Recited-Review (SQ3R) pada mata pelajaran Ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Survey-Question-Read-Recited-Review (SQ3R)
Download berkas