Penulis / NIM
TITIN WIJAYANTI / 911411058
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
SRI INDRIYANI S DAI, SE, ME / 0024018402
Abstrak
ABSTRAK
TITIN WIJAYANTI, 2016. Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII SMP Negeri 4 Wonosari Kabupaten Boalemo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Bapak Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd dan Pembimbing II Sri Indriyani S. Dai, SE.,ME.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII SMP Negeri 4 Wonosari Kabupaten Boalemo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jumlah populasi 120 orang siswa, dari populasi dilakukan pengambilan sampel sebanyak 30 orang. Adapun tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Analisis Regresi dan untuk mengukur tingkat signifikansi dan linieritas persamaan regresi dengan menggunakan rumus uji linieritas dan uji keberatian dan dilanjutkan dengan analisis Koefisien Determinasi.
Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah hipotesis penelitian yang berbunyi Kompetensi Pedagogik Guru berpengaruh positif Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII SMP Negeri 4 Wonosari Kabupaten Boalemo, dinyatakan diterima pada taraf signifikansi 1% dan dengan koefisien Determinasi 40,96%.
Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar Siswa
Download berkas