Penulis / NIM
AHMAD YUNUS / 911411060
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
IVAN RAHMAD SANTOSO, SE.I, MSI / 0002098302
Abstrak
ABSTRAK
Ahmad Yunus. Nim. 911411060. Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMK Gotong Royong Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd dan pembimbing II Ivan R. Santoso, SEI, MSi.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam pembentukan karakter siswa di SMK Gotong Royong Telaga Kabupaten Gorontalo.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, Observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sebagai pendidik adalah mendidik siswa agar dapat meningkatkan kedisiplinan siswa yang meliputi peraturan waktu maupun peraturan tugas, upaya meningkatkan akhlakul karimah siswa dalam bentuk penerapan ibadah sehari-hari, kejujuran dalam hal apapun termasuk ujian, tanggung jawab siswa, (2) sebagai pengajar adalah dengan cara memberikan contoh pembelajaran yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari siswa, maka karakter siswa dalam melakukan aktivitas sehari-hari dapat diterapkan dengan baik, (3) sebagai pembimbing atau pengarah adalah dengan cara menerapkan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran dengan mempersiapkan perangkat pembelajaran seperti halnya silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang di dalam RPP dan (4) sebagai evaluator adalah dengan cara mengevaluasi kegiatan-kegiatan yang dilakukan apabila masih ada siswa yang masih belum terbentuk karakaternya, maka guru turun tangan dalam melakukan penanganan dengan memberikan bimbingan khusus kepada siswa tersebut. Dengan demikian, maka secara umum peran guru dalam membentuk karakter siswa sudah maksimal.
Mengacu pada hasil penelitian, maka peneliti merekomendasikan bahwa untuk membentuk karakter siswa, hendaknya guru selalu memperhatikan tingkatan pola pikir yang dimiliki oleh siswa sehingga permasalahan yang dihadapi oleh siswa dalam membentuk karakternya dapat diatasi
Kata Kunci: Peran Guru, Pembentukan Karakter Siswa
Download berkas