SKRIPSI

Penulis / NIM
MEILANDARI PALADA / 911411061
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK Meilandari Palada. 911411061. "Penggunaan Model Pembelajaran Pair Check Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango". Skripsi Prodi Pendidikan Ekonomi Perkantoran, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo 2017. Pembimbing 1 Bapak Dr. H. Usman Moonti, M.Si dan Pembimbing II Bapak Agil Bahsoan, S.Ag, M.Ag Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kabila dengan menggunakan model pembelajaran Pair Check pada mata pelajaran IPS Terpadu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini diawali dengan observasi awal, kemudian dilakukan pemberian tindakan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 kali siklus. Teknik analisis datanya adalah deskriptif presentasi. Hasil analisis pada siklus I menunjukan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa yang dikenai tindakan yakni 25 siswa terdapat 12 siswa atau 68% yang memperoleh nilai 75 ke atas, sedangkan 13 siswa atau 52% merupakan nilai dibawah 75. Presentase ketuntasan tersebut meningkat pada siklus II, dimana 21 dari 25 siswa atau 84% dinyatakan tuntas belajar. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Kabila pada mata pelajaran IPS Terpadu dan dapat dijadikan sebagai salah satu alternative dalam peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Dengan demikian hipotesis tindakan yang berbunyi:" jika guru menerapkan Model pembelajaran Pair Check maka hasil belajar siswa pada matapelajaran IPS Terpadu di kelasVII SMP Negeri 1 Kabila" akan mengalami peningkatan hasil belajar siswa", dinyatakan diterima. Kata Kunci: Hasil Belajar, Penerapan Model Pembelajaran Pair Check
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011