Penulis / NIM
SUMARNI MADINA / 911411070
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
HAIS DAMA, SE, M.Si / 0005037306
Pembimbing 2 / NIDN
Hj. IRAWATI ABDUL, SE, M.Si / 0009027402
Abstrak
Abstrak
Sumarni Madina, Nim 911 411 070 "Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu di SMP Negeri 12 Kota Gorontalo". Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo, 2015.Di bawah bimbingan Hais Dama SE.,M.Si selaku pembimbing I dan Hj. Irawati Abdul, SE.,MS.i selaku pembimbing II..
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu d SMP N 12 Kota Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi 103 orang siswa, dari populasi dilakukan pengambilan sampel sebesar 31 orang dengan cara Simple Random Sampling, Adapun tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Analis Regresi Sederhana dan untuk mengukur tingkat signifikansi dan linieritas regresi sederhana dengan menggunakan uji T dan korelasi Determinasi (r2). Dengan variabel X yaitu Disiplin Belajar, dan variabel Y Hasil Belajar Siswa. Sesuai dengan metode penelitiannya, maka data yang diperoleh dari penyebaran angket yang dianalisis secara statistik dengan menggunakan uji regresi dan korelasi.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasannya, penulis dapat menyimpulkan bahwa Disiplin belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dimana pengaruh disiplin belajar yaitu 85,9% dari Disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa, sementara sisanya 14,1% berupa kontribusi dari faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. .
Kata kunci : Pengaruh Disiplin Belajar Dan Hasil Belajar Siswa
Download berkas