Penulis / NIM
SENY MAMENTU / 911411071
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
HAIS DAMA, SE, M.Si / 0005037306
Pembimbing 2 / NIDN
IDRIS YANTO NIODE, S.Pd, MM / 0026107802
Abstrak
ABSTRAK
SENY MAMENTU, 2015. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMK Negeri 1 Nuangan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Bapak Hais Dama,SE.,M.Si dan Pembimbing II Bapak Idris Yanto Niode, S.Pd.,MM
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil BeLajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas XI SMK Negeri 1 Nuangan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jumlah populasi 108 orang siswa, dari populasi dilakukan pengambilan sampel sebesar 85 orang dengan cara Simple Random Sampling. Adapun tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Analisis Regresi Sederhana dan untuk mengukur tingkat signifikansi dan linieritas persamaan regresi dengan menggunakan rumus uji T dan Determinasi (r2). Dengan variabel X yaitu Motivasi Belajar, dan variabel Y yaitu Hasil Belajar Siswa. Sesuai dengan metode penelitiannya, maka data yang telah diperoleh dari penyebaran angket yang dianalisis secara statistik dengan menggunakan uji regresi dan korelasi.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasannya, dapat disimpulkan bahwa "Motivasi Belajar Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa". Hal ini terlihat dimana Pengaruh Motivasi Belajar sebesar 17.4%.
Kata Kunci : Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa
Download berkas