SKRIPSI

Penulis / NIM
ALFIYANTO BUMULO / 911411077
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
FITRI HADI YULIA AKIB, SE, ME / 0025078201
Abstrak
ABSTRAK Alfiyanto Bumulo, Nim: 911 411 077. Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas XI Di SMK Gotong Royong Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Bapak Dr. H. Usman Moonti, M.Si selaku Pembimbing I dan Pembimbing II dengan Ibu Fitri Hadi Yulia Akib, SE, ME Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar ..."Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas XI di SMK Gotong Royong Kabupaten Gorontalo. metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah Metode kuantitatif. Metode ini menggambarkan pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa. Dalam hal ini disiplin belajar merupakan variabel X (independent variable) atau variabel bebas dan hasil belajar siswa merupakan variabel Y (dependent variable) atau variabel terikat, dengan jumlah sampel 68 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi dan angket. Sebagai kesimpulan dari penelitian : (1) persamaan regresi yaitu = 50.38 + 0,39X. Hal ini berarti setiap terjadi perubahan sebesar satu unit variabel X (disiplin belajar), maka akan diikuti oleh perubahan rata-rata variabel Y (hasil belajar siswa) sebesar 0,39 (2) Hasil pengujian persamaan regresi diperoleh harga Fhitung = 1.10 sedangkan dari daftar distribusi frekuensi diperoleh Ftabel = 1.76. Ternyata harga Fhitung lebih kecil dari harga Ftabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi hasil perhitungan data penelitian itu berbentuk linier. (3) Hasil pengujian keberartian atau signifikan persamaan regresi dinyatakan signifikan. Hal ini terlihat dari perhitungan harga Fhitung = 17.63 sedangkan Ftabel (0.95)(1.66) = 3.99. Karena harga Fhitung lebih besar dari Ftabel (17.63 3.99), maka Ho ditolak dan diterima Ha (4) Disiplin belajar memberikan kontribusi (sumbangan) terhadap hasil belajar siswa sebesar 21.08% , dan sisanya 78.92% ditentukan oleh variabel lain, seperti pengelolaan kelas, fasilitas belajar, dan lain-lain. Kata Kunci :Disiplin Belajar, Hasil Belajar Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011