Penulis / NIM
ALFIYANTO BUMULO / 911411077
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
FITRI HADI YULIA AKIB, SE, ME / 0025078201
Abstrak
ABSTRAK
Alfiyanto Bumulo, Nim: 911 411 077. Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil
Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas XI Di SMK Gotong Royong Kabupaten
Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi,
Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Bapak Dr. H. Usman
Moonti, M.Si selaku Pembimbing I dan Pembimbing II dengan Ibu Fitri Hadi Yulia
Akib, SE, ME
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar ..."Pengaruh Disiplin Belajar
Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas XI di SMK Gotong
Royong Kabupaten Gorontalo.
metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah Metode kuantitatif. Metode ini
menggambarkan pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa. Dalam hal ini
disiplin belajar merupakan variabel X (independent variable) atau variabel bebas dan
hasil belajar siswa merupakan variabel Y (dependent variable) atau variabel terikat,
dengan jumlah sampel 68 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari
observasi dan angket.
Sebagai kesimpulan dari penelitian : (1) persamaan regresi yaitu = 50.38 + 0,39X.
Hal ini berarti setiap terjadi perubahan sebesar satu unit variabel X (disiplin belajar),
maka akan diikuti oleh perubahan rata-rata variabel Y (hasil belajar siswa) sebesar 0,39
(2) Hasil pengujian persamaan regresi diperoleh harga Fhitung = 1.10 sedangkan dari
daftar distribusi frekuensi diperoleh Ftabel = 1.76. Ternyata harga Fhitung lebih kecil dari
harga Ftabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi hasil perhitungan
data penelitian itu berbentuk linier. (3) Hasil pengujian keberartian atau signifikan
persamaan regresi dinyatakan signifikan. Hal ini terlihat dari perhitungan harga Fhitung =
17.63 sedangkan Ftabel (0.95)(1.66) = 3.99. Karena harga Fhitung lebih besar dari Ftabel
(17.63 3.99), maka Ho ditolak dan diterima Ha (4) Disiplin belajar memberikan
kontribusi (sumbangan) terhadap hasil belajar siswa sebesar 21.08% , dan sisanya
78.92% ditentukan oleh variabel lain, seperti pengelolaan kelas, fasilitas belajar, dan
lain-lain.
Kata Kunci :Disiplin Belajar, Hasil Belajar Siswa
Download berkas