Penulis / NIM
ADISTI MAMONTO / 911411080
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Drs. ABDUL RAHMAN PAKAYA, M.Si / 0020125810
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK
Adisti Mamonto, NIM 911 411 080. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Artikulasi Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas X SMA Negeri 1 Suwawa. Skripsi. Dibawah Bimbingan Bapak Dr.Abd. Rahman Pakaya, M.Si. Dan Bapak Roy Hasiru, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo 2015
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Artikulasi pada mata pelajaran IPS terpadu dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hipotesis penelitian tindakan kelas ini adalah "jika menggunakan Strategi Artikulasi pada mata pelajaran IPS, maka hasil belajar siswa pada kelas X SMA Negeri 1 Suwawa akan meningkat", dengan indikator penelitian : bila siswa memperoleh nilai atau hasil belajar mengalami ketuntasan yaitu 75 akan meningkat dari 40% menjadi 75%.
Hasil belajar yang belum sesuai dengan yang diharapkan antara lain disebabkan oleh beberapa aspek kegiatan guru yang belum terlaksana secara optimal pada siklus I. setelah dilakukan perbaikan dan penyempurnaan aspek-aspek kegiatan belajar mengajar, pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan pada hasil pengamatan pelaksanaan siklus 2 yang menunjukkan bahwa dari 25 siswa dikelas X SMA Negeri 1 Suwawa tahun 2014/2015 yang dikenai tindakkan memperoleh nilai 75 keatas terdapat 23 orang siswa (85,2%) dengan rata-rata 80,44%. Berdasarkan data analisis nilai yang diperoleh dengan menggunakan Strategi artikulasi pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Strategi pembelajaran artikulasi
Download berkas