SKRIPSI

Penulis / NIM
SYAMSURIZAL R. GAHIB / 911411083
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
FITRI HADI YULIA AKIB, SE, ME / 0025078201
Abstrak
ABSTRAK SYAMSURIZAL R. GAHIB. 911 411 083. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Role Playing Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango "Skripsi.Kosentrasi Pendidikan Akuntansi program studi Pendidikan Ekonomi jurusan Pendidikan Ekonomi ,Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing II Hj. Fitri Hadi Yulia Akib, SE, ME.dan Pembimbing I Dr. H. Usman Moonti, M.Si. Pelaksanaan penelitian ini di dasarkan pada rumusan masalah Apakah penerapan model Role Playing pada mata pelajaran Ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan didasarkan pada hasil survey yang telah dilaksanakan oleh peneliti pada bulan November 2014 pada saat PPL 2 dengan subyek penelitian di kelas XI IPS 1 berjumlah 26 orang laki-laki 8 orang, perempuan 18 orang. Variabel penelitian terdiri variabel input, proses dan output. Tahap penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, analisis dan refleksi.Teknik pengumpulan data yakni lembar pengamatan untuk mengamati kegiatan guru dan siswa, serta lembar tes untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa. Teknik analisis data dilaksanakan secara kuantitatif pada setiap akhir siklus pembelajaran dengan menggunakan data hasil observasi kegiatan guru dan aktivitas belajar siswa serta data hasil belajar siswa. Sebagai kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah hipotesis penelitian yang berbunyi: jika guru menggunakan Penerapan Model Role Playing Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Di SMA Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango maka hasil belajar siswa dapat meningkat. Dapat diterima karena didukung dengan hasil belajar siswa yang meningkat pada tahap observasi awal hasil belajar hanya 42,86% setelah dilakukan siklus I meningkat menjadi 57,70% dan meningkat lagi setelah dilakukan siklus II menjadi 80,77%. Kata kunci:Hasil Belajar Siswa dan Model Role Playing
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011