SKRIPSI

Penulis / NIM
SITI SARAH MOKODOMPIT / 911411086
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Pembimbing 2 / NIDN
ERMAN I RAHIM, S.Pd., MH / 0024127004
Abstrak
ABSTRAK Siti Sarah Mokodompit , 911 411 086 "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Metode Pembelajaran Pair Check Mata Pelajaran IPS Ekonomi Di Kelas X-7 SMA Negeri 2 Gorontalo". Skripsi, Dibawah bimbingan Ibu Meyko Panigoro S.Pd, M.P dan Erman I. Rahim S.Pd, MH sebagai pembimbing II Program Studi Pendidikan Ekonomi Perkantoran Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan Metode Pembelajaran Pair Check Mata pelajaran IPS Ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Judul ini diangkat dengan alasan dari data yang ditemukan melalui pra survey, bahwa hasil belajar siswa yang rendah, pada mata pelajaran IPS Ekonomi. Kenyataan tersebut, ditunjang oleh data yang ada, bahwa dari jumlah siswa 31 orang hanya terdapat siswa 23 orang siswa atau sekitar 74,20 % yang mendapat inilai 75 keatas sedangkan 8 orang atau sekitar 25,80 % memiliki nilai rata-rata di bawah 75. Metode yang digunakan deskriptif berdasarkan lembar pengamatan guru, kegiatan hasil belajar siswa. Hasil Perolehan tersebut menggambarkan bahwa optimalisisi pembelajaran terhadap materi yang diberikan belum terlaksana dengan baik sehingga berdampak pada hasil belajar yang belum memadai. Kenyataan tersebut antara lain disebabkan oleh beberapa aspek kegiatan guru yang belum terlaksana secara optimal pada siklus I. setelah dilakukan perbaikan dan penyempurnaan aspek- aspek KBM. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan pada hasil pengamatan pelaksanaan siklus II bagi siswa yang dikenai tindakan menunjukan bahwa dari 31 siswa kelas X-7 SMA Negeri 2 Gorontalo tahun 2014/2015 memperoleh nilai 75 keatas terdapat 27 orang siswa atau 87.10 % dengan rata-rata kelas 76.78. dan daya daya serap siswa 82, 04 %. Berdasarkan hasil analisis data, dan nilai yang diperoleh dengan menggunakan metode PAIR Checek pada mata pelajaran IPS Ekonomi ternyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk itu hipotesis yang dikemukakan, Jika guru menggunakan Metode pembelajaran PAIR CHECK dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran IPS Ekonomi di kelas X-7 SMA Negeri 2 Gorontalo, maka hasil belajar siswa akan meningkat" dapat diterima. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa dan metode CIRC
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011