Penulis / NIM
MAWARDI DAMOGALAD / 911411091
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstrak
ABSTRAK
Mawardi Damogalad 911 411 091. ..."Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Think Talk Write (TTW) Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Prasetya Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Dr. H. Usman Moonti, M.Si dan Pembimbing II Ibu Melizubaida Mahmud, S.Pd, M.Si.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif think talk write (TTW) pada mata pelajaran ekonomi.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, tes, dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2017-2018 di kelas X SMA Prasetya Gorontalo dengan sampel 30 orang siswa. Permasalahan yang ditemui di kelas antara lain, metode yang di terapkan guru masih kurang sesuai dengan materi yang diajarkan, kurangnya kerjasama antara guru dengan siswa dan kurangnya perhatian siswa dalam proses belajar. Dalam pembelajaran siswa membaca teks dan membuat catatan kecil dari hasil bacaan (think), siswa berinteraksi dengan teman untuk membahas isi catatan (talk), siswa mengkonstruksi pengetahuan sebagai hasil kolaborasi (write).
Hasil penelitian pada siklus I menunjukan bahwa 12 siswa atau 40% siswa yang dinyatakan tuntas sedangkan 18 siswa atau 60% yang belum tuntas. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari hasil analisis tes diperloleh 28 siswa atau 93,33% yang dinyatakan tuntas dan 2 siswa atau 6,67% yang tidak tuntas. Hal ini menunjukan tercapainya belajar pada siklus II.
Kata kunci: Think talk write (ttw), hasil belajar
Download berkas