Penulis / NIM
VIRGIAWAN STIRMAN / 911411094
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstrak
ABSTRAK
Virgiawan Stirrnan 911 411 094. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated instruction Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi kelas Xl lPS Madrasah Aliyah Al-Hidayah Duminanga Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan". Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing l lbu Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd dan Pembimbing ll Ibu Melizubaida Mahmud, S.pd, M.Si.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran lps ekonomi. Permasalahan ini timbul dari akibat adanya proses belajar mengajar yang masih menggunakan metode pembelajaran terbatas dan didominasi oleh guru sehingga menyebabkan proses pembelajaran menjadi pasif dan membosankan.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Ketiga tahapan tersebut dilaksanakan dengan dua siklus. Penelitian ini dilakukan pada semester genap 201 7-2018 di kelas XI Madrasah Aliyah Al-Hidayah Duminanga dengan sampel 23 orang siswa.
Observasi awal menunjukkan dari jumlah siswa 23 orang hanya 9 orang atau 39.14% siswa yang tuntas dan 14 orang atau 60,87 % siswa belum tuntas.. Kemudian hasil penelitian pada siklus | menunjukan bahwa 13 siswa atau 56,53% siswa yang dinyatakan tuntas sedangkan 10 siswa atau 43,47% yang belum tuntas. Sedangkan pada siklus ll hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari hasil analisis tes diperoleh 21 siswa atau 91.38 % yang dinyatakan tuntas dan 2 siswa
atau 8.62 % yang tidak tuntas. Hal ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa pada siklus ll.
Kata Kunci: Team Accelerated Instruction, Hasil Belajar
Download berkas