Penulis / NIM
ISMAIL MAROLA / 911411096
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Dra. Ha. SRI ENDANG SALEH, M.Si / 0013096708
Pembimbing 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstrak
Ismail Marola, NIM: 911 411 096 Penerapan Metode Penugasan dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri I Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh DR. Sri Endang Saleh, M.Si (Pembimbing I) dan Melizubaida Mahmud, S.P, M.Si (Pembimbing II).
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bulango Utara melalui penggunaan metode pemberian, tugas dengan pokok bahasan bahasan permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga pasar. Metode penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan indikator kinerja sebesar 85%.
Hasil belajar siswa pada siklus I dari 25 orang siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai minimal 70 berjumlah 17 orang atau 68 %, sedangkan yang memperoleh nilai kurang dari 70 berjumlah 8 orang atau 32 %. Karena belum memenuhi indikator kinerja yang ditetapkan maka dilanjutkan ke siklus berikutnya. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 25 siswa yang dikenai tindakan 23 orang atau 92% memperoleh nilai 70 keatas dengan nilai rata-rata 80,50%.
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi jika digunakan metode penugasan maka hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri Bulango Utara pada mata pelajaran IPS akan meningkat terbukti dan dapat diterima.
Kata kunci : Metode Penugasan dan Hasil belajar siswa
Download berkas