Penulis / NIM
ARLAN TANGAHU / 911411098
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
FITRI HADI YULIA AKIB, SE, ME / 0025078201
Abstrak
ABSTRAK
Arlan Tangahu. 2016 Nim 911 411 098 "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Metode Pembelajaran Debat pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri Batudaa Kabupaten Gorontalo". Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawa bimbingan Bapak Dr. H. Usman Moonti, M.Si pembimbing 1 dan Ibu Hj. Fitri Hadi Yulia Akib, SE, ME pembimbing II. Dan Ibu Dra. Irina Popoi, M.Pd penguji 1 dan Bapak Rustam Tohopi, S.Pd, M.Si. penguji II.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menerapkan metode pembelajaran debat pada mata pelajaran ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar yang belum sesuai target yang diharapkan antara lain disebabkan oleh beberapa aspek kegiatan mengajar guru yang belum terlaksana secara optimal pada siklus I. setelah dilakukan perbaikan dan penyempurnaan aspek-aspek kegiatan belajar mengajar, pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan pelaksanaan siklus I yang menunjukkan bahwa dari 22 siswa dikelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri Batudaa tahun 2015/2016 yang dikenai tindakkan belum memperoleh nilai 75. Pada siklus II meningkat menjadi 19 orang siswa (86,37%) dengan rata-rata 80,69. Berdasarkan data analisis nilai yang diperoleh dengan menerapkan metode pembelajaran Debat pada mata pelajaran Ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan 3 orang siswa yang belum tuntas akan di remedial.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Metode Pembelajaran Debat.
Download berkas