Penulis / NIM
AHRIANTO GOBEL / 911411099
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Pembimbing 2 / NIDN
SRI INDRIYANI S DAI, SE, ME / 0024018402
Abstrak
ABSTRAK
Ahrianto Gobel, NIM 911 411 099. Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi di Kelas VIII SMP Negeri 6 Lolak Kabupaten Bolaang Mongondow. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Dr. Hamzah Yunus, M.Pd dan Pembimbing II Ibu Sri Indriyani S. Dai, SE., ME.
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan rumusan masalah "Apakah terdapat korelasi antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi di kelas VIII SMP Negeri 6 Lolak Kabupaten Bolaang Mongondow ?". Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Lolak Kabupaten Bolaang Mongondow yang berjumlah 31 siswa.
Berdasarkan hasil penelitian , dari hasil perhitungan statistik diperoleh koefisien korelasi (r) = 0,52 dan koefisien determinasi (r2) = 27,04%. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa sebesar 27,04% di tentukan oleh motivasi belajar sedangkan sisanya 72,96 dipengaruhi oleh variabel lain. Dari hasil perhitungan diperoleh harga thitung sebesar 3,29. Sedang dari daftar distribusi t pada taraf nyata 1% diperoleh t(1-1/2)(n-2) = t(1-0,005)(31-2) atau t(0,995)(29) = 2,76. Ternyata harga thitung lebih besar dari tdaftar (3,29 > 2,76) atau harga thitung telah berada diluar daerah penerimaan H0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi diatas benar-benar signifikan.
Dengan demikian hipotesis tindakan yang berbunyi "Terdapat korelasi antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi di Kelas VIII SMP Negeri 6 Lolak Kabupaten Bolaang Mongondow", dinyatakan signifikan dan dapat diterima.
Kata Kunci : Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa
Download berkas