Penulis / NIM
DANDI PERMADI MAMONTO / 911411100
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. YULIANTO KADJI, M.Si / 0013076704
Pembimbing 2 / NIDN
SRI INDRIYANI S DAI, SE, ME / 0024018402
Abstrak
ABSTRAK
Dandi Permadi Mamonto, 2015. Pengaruh Kreativitas Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Ekonomidi Kelas VIII SMP Negeri 4 Sang Tombolang Kabupaten Bolaang Mongondow. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Prof. Dr. Yulianto Kadji., M.Si dan pembimbing II Ibu Sri Indriyani S. Dai, SE., ME.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Apakah Kreativitas Mengajar Guru berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi di Kelas VIII SMP Negeri 4 Sang Tombolang Kabupaten Bolaang Mongondow?. Sementara itu yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kreativitas Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi di Kelas VIII SMP Negeri 4 Sang Tombolang Kabupaten Bolaang Mongondow.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jumlah populasi 140 orang siswa dan jumlah penarikan sampel yaitu 35 orang siswa. Adapun tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik dengan pengujian normalitas data yakni variabel X dan variabel Y. Selanjutnya Untuk pengujian hipotesis, peneliti menggunakan pengujian regresi linier sederhana.
Dari hasil pengujian normalitas data yang telah dilakukan baik variabel X maupun variabel Y berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Untuk pengujian hipotesis diperoleh persamaan regresi yaitu =25,56 + 0,59X Persamaan ini mengandung makna bahwa setiap terjadi peningkatan sebesar 1 unit pada kreativitas mengajar guru, maka akan diikuti oleh peningkatan rata-rata sebesar 0,59 unit variabel hasil belajar siswa.
Kata kunci: Kreativitas Mengajar Guru dan Hasil Belajar Siswa
Download berkas