SKRIPSI

Penulis / NIM
HARDIANTO DATUNSOLANG / 911411104
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstrak
ABSTRAK HardiantoDatunsolang, Nim: 911411104. MeningkatkanHasilBelajarSiswaMelalui Model PembelajaranKooperatifTipe Learning Cycle Pada Mata Pelajaran IPS TerpaduKelas VIII SMP Negeri 1 SangkubKabupatenBolaangMongondow Utara. Pembimbing: Dr. H. UsmanMoonti, M.SidanMelizubaida Mahmud, S.Pd. M.Pd. Penelitianinibertujuanuntukmengkajiseberapaefektifpenerapan model pembelajaranCooperatif Type Learning Cyclepadamatapelajaran IPS terpadu di kelas VIII SMP N 1 SangkubKabupatenBolaangMongondow Utara sertauntukmemperolehpeningkatanhasilbelajarsiswapadakelas VIII SMP N 1 SangkubKabupatenBolaangMongondow Utara. Metodepenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas(Classroom Action Research) yaknisuatupencermatanterhadapkegiatanbelajarberupasebuahtindakan yang sengajadimunculkandanterjadidalamsebuahkelassecarabersama.Penelitianini Mengunakanmetodeanalisisdata Kuantitatifkemudian data disajikansecaraDeskriptifyaitustudi yang digunakanuntukmengumpulkan, mengolah, menganalisis, menafsirkandanmenyimpulkan data sehinggadiperolehgambaran yang sistematisdalampeningkatanaktivitasdanhasilbelajar. Hasil yang diperolehdaripenelitianiniyakniterjadinyapeningkatanhasilbelajarpesertadidik, sebabjikadilihatdaripresentaseketuntasanpadaobservasiawal yang hanyasebesar 30% atauberjumlah 9 orang sedangkanjumlah yang belumtuntasbaradapadakisaranangka 70% atau 21 orang, mengalamiperubahanmenjadi 53,33atau 16 orang yang tuntasdan 46,67% atau 14 orang yang belumtuntaspadapenilaianakhirsiklus I. perolehanangkainikemudianmengalamiperubahan yang cukupsignifikanketikadilaksanakannyatindakanpadasiklus II yaknimenjadi 25 orang yang memperolehketuntasanbelajaratausebesar 83,33% yang memperolehnilai yang mencapai KKM yang sudahditetapkan, olehnya, darihasilcapaianinidapatdisimpulkanbahwahipotesistindakanpadapenelitianinitelahtercapaidenganperolehan 83,33% presentaseketuntasanklasikaltelahtercapaibahkanmelebihidari target 80%. Kata Kunci:HasilBelajar, Learning Cycle, IPS Terpadu
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011