SKRIPSI

Penulis / NIM
NURLAILA DIKO / 911411111
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. RUSLI ISA, M.Si / 0006076604
Abstrak
ABSTRAK NURLAILA DIKO. 2015. "Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI SMK Negeri 1 Boalemo". Program studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Bapak Dr.H.Usman Moonti,M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Drs.Rusli Isa,M.Si selaku pembimbing II. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan rumusan masalah "Apakah penggunaan model pembelajaran cooperatif tipe problem based learning pada mata pelajaran akuntansi di kelas XI akuntansi SMK Negeri 1 Boalemo Kabupaten boalemo akan meningkatkan hasil belajar siswa?". Tujuan penelitian ini adalah Meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran cooperatif tipe Problem based learning pada mata pelajaran akuntansi di kelas XI akuntansi SMK Negeri 1 Boalemo Kabupaten Boalemo. Dengan subjek penelitian adalah kelas XI tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 13 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan sebanyak 2 siklus, proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran cooperatif tipe Problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dimana pada observasi awal siswa yang berjumlal 13 orang, hanya 5 atau 38,46% siswa yang mendapat hasil belajar tuntas. Pada saat model pembelajaran dirubah dari ceramah menjadi model pembelajaran cooperatif tipe Problem based learning, hasil belajar siswa pada siklus I menunjukan nilai rata-rata kelas mencapai 68.85% dan ketuntasan belajar 46,15%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 80% dan ketuntasan belajar 84.62%. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi "jika digunakan model pembelajaran cooperatif tipe Problem based learning pada mata pelajaran Akuntansi di kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Boalemo Kabupaten Boalemo, maka hasil belajar siswa akan meningkat diterima". Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa dan Pembelajaran cooperatif tipe Problem based learning
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011