SKRIPSI

Penulis / NIM
MOHAMAD IRON BAID / 911411114
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
Abstrak
ABSTRAK Mohamad Iron Baid 911 411 114. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Peer Pratice Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XII IPS di SMA Negeri 3 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara" program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Ibu Dra. Irina Popoi, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing I dan Bapak Rustam Tohopi, S.Pd, M.SI selaku pembimbing II.. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe peer practice pada mata pelajaran akuntansi kelas XII IPS SMA Negeri 3 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara, dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode tindakan kelas, yaitu metode yang secara sistematik menggambarkan alur kerja yang berulang-ulang yang meliputi perancanaan, tindakan pengamatan, refleksi, perencanaan ulang, dan seterusnya sampai apa yang diharapkan tercapai. Hasil belajar yang belum sesuai target yang diharapkan antara lain disebabkan oleh beberapa aspek kegiatan mengajar guru yang belum terlaksana secara optimal pada siklus I. pada observasi awal siswa dengan jumlah 36 hanya 15 siswa atau 41,67% yang memperoleh hasil belajar tuntas. Pada saat model pembelajaran diubah dari model konvensional menjadi model pembelajaran kooperatif tipe peer practice, hasil belajar siswa pada siklus I menujukan nilai rata-rata kelas (72,63 %) dan ketuntasan belajar siswa (55,55%), sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi (85,53%) dan ketuntasan belajar (86,12 %). Dengan demikian hipotesis yang berbunyi "jika digunakan model pembelajaran tipe peer practice pada mata pelajaran akuntasi kelas XII IPS SMA Negeri 3 Atinggola maka hasil belajar siswa akan meningkat ". Kata kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Peer Practice
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011