Penulis / NIM
NOVITA IBRAHIM / 911411115
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
FITRI HADI YULIA AKIB, SE, ME / 0025078201
Abstrak
ABSTRAK
Novita Ibrahim. NIM. 911 411 115. "Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII3 Mata Pelajaran Ips Terpadu SMP Negeri 1 TilongKabila Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Dra. Irina Popoi, S.pd., M.Pd dan Pembimbing II Ibu Hj.Fitri Hadi Yulia Akib, SE., ME
Tujuan utama yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Mind Mapping di kelas VII3 SMP Negeri 1 TilongKabila Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menerapkan model pembelajaran Mind Mapping yang di bagi dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri 1 TilongKabila kelas VII3 tahun ajaran 2017/2018 pada mata pelajaran ips terpadu. Hal ini dapat dilihat dari siklus I menunjukan bahwa 17 siswa atau 60,71% yang di nyatakan tuntas, 11 siswa atau 39,29% yang belum tuntas. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari hasil analisis tes di peroleh 25 siswa atau 89,28% yang di nyatakan tuntas dan 3 siswa atau 10,72% yang tidak tuntas atau rata-rata kelas 72,85% pada siklus I menjadi 80,64% pada siklus II.
Hasil penelitian ini adalah, bahwa penerapan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu di SMP Negeri 1 TilongKabila dan dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kegiatan Ekonomi.
Kata Kunci : Hasil belajar Siswa, Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping
Download berkas