Penulis / NIM
MOH. RIZKI ALHAJ / 911411123
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MUHAMMAD AMIR ARHAM, M.E. / 0025077203
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK
Muhammad Rizki Alhajj. Persepsi Masyarakat Terhadap Bank Syariah (studi pada Bank Muamalat di Kota Gorontalo di Tinjau dari segi Pelayanan). Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr. Muhammad Amir Arham, M.E. dan Pembimbing II, Agil Bahsoan S.Ag., M.Ag.
Permasalah bertitik tolak pada fenomena yang terjadi dikalangan masyarakat mengenai kurangnya minat untuk menabung di bank syariah. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap bank syariah yang terfokus pada konsep pelayanan.
Penelitian ini berbasis fenomenologi dan berjenis kualitatif deskriptif dimana untuk menganalisis kinerja pelayanan bank muamalat dibutuhkan persepsi masyarakat dengan menggunakan tekhnik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi serta analisis data dilakukan dengan teknik reduksi dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kinerja pelayanan Bank Muamalat Gorontalo tergolong baik dalam hal pelayanan transaksi langsung. Sedangkan dalam hal pelayanan yang berbasis online masih perlu dilakukan pengembangan seperti, memperbanyak mesin anjungan tunai mandiri dan menempatkannya ditempat-tempat strategis.
Kata Kunci: Persepsi, Masyarakat, Pelayanan.
Muhammad Rizki Alhajj. Society's Perception of a Shariah Bank (A Study at Bank Muamalat in Gorontalo City from Perspective of Services)
Undergraduate Thesis. Department of Economic Education, Faculty of Economics, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Dr. Muhammad Amir Arham, M.E. Co-Supervisor: Agil Bahsoan S.Ag., M.Ag.
The issue is started from society's lack of interest to save their money in a shariah bank. Therefore, this research aims to find out the society's perception of a bank shariah focusing on the concept of service.
The phenomenology-based and qualitative descriptive research analyzes the performance of bank Muamalat's service that it needs the society's perception. The data were collected frok observation, interview, and documentation, and were further analyzed by reduction and triangulation techniques.
The result indicates that the performance of the service in terms oof a direct transaction at Bank Muamalat Gorontalo is in a good category. However, in-online-based service, it requires an improvement such as increasing automated teller machines and placing them in strategic places.
Keyword: Perception, Society, Service
Download berkas