Penulis / NIM
ABD. RACHMAN EFENDI ADRIAN / 911411127
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Drs. ABDUL RAHMAN PAKAYA, M.Si / 0020125810
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK
Abd. Rachman. E. adrian. Pengaruh agresif verbal terhadap aktivitas belajar dan implikasinya terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di smp negeri 1 kabila. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Abd. Rahman pakaya. M.SI dan pembimbing II Roy Hasiru. S.PD, M.PD.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh agresiv verbal terhadap aktivitas belajar dan implikasinya terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kabila. Teknik analisa data yang digunakan adalah yang digunakan adalah analisis jalur path (path analysis)
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel agresif verbal langsung dan agresiv verbal tidak langsung berpengaruh terhadap aktivitas belajar yang ditunjukan oleh nilai thitung variabel agresiv verbal langsung 2.717 lebih besar dari nilai ttabel 2.080 atau 2.717 > 2.080 dengan tingkat signifikan 0.013 < 0.05. Sedangkan nilai thitung variabel agresiv verbal langsung 2.109 lebih besar dari nilai ttabel 2.080 atau 2.109 > 2.080 dengan tingkat signifikan 0.003 < 0.05. Dari hasil analisa diketahui pula bahwa agresiv verbal langsung dan agresiv verbal tidak langsng berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa yang ditunjukkan oleh nilai thitung variabel agresiv verbal langsung 2.932 lebih besar dari nilai ttabel 2.080 atau 2.932 > 2.080 dengan tingkat signifikan 0.018 < 0.05. Sedangkan nilai thitung variabel agresiv verbal langsung 2.839 lebih besar dari nilai ttabel 2.080 atau 2.839 > 2.080 dengan tingkat signifikan 0.011 < 0.05.
Kesimpulan agresif verbal berpengaruh terhadap aktivitas belajar dan implikasinya terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kabila.
Kata kunci: Agresif Verbal, Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar
Download berkas