Penulis / NIM
MONALISA MOHAMAD / 911411128
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
ERMAN I RAHIM, S.Pd., MH / 0024127004
Abstrak
ABSTRAK
Monalisa Mohamad, 911411128. Skripsi "Dampak Penggunaan Alat Komunikasi Handphone Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 12 Kota Gorontalo. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo, 2015. Dibawah Bimbingan Ibu Dra. Irina Popoi, S.Pd.,M.Pd selaku Pembimbing I dan Bapak Erman I. Rahim, S.Pd.,MH selaku pembimbing II.
Tujuan penelitian: untuk mengetahui seberapa besar dampak positif dan negatif penggunaan alat komunikasi handphone terhadap aktivitas belajar siswa Kelas VIII di SMP Negeri 12 Kota Gorontalo
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan menggunakan statistik uji regresi linier berganda. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi dan angket yang telah dipilih secara acak (random sampling).
Hasil penelitian menunjukan bahwa alat komunikasi handphone berdampak postif terhadap aktivitas belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Kota Gorontalo. Hal ini terlihat dimana diperoleh nilai thitung X1= 13,699, semakin tinggi dampak positif handphone maka semakin meningkat aktivitas belajar siswa. Nilai thitung dampak negatif X2=-2,291 dan bertanda negatif, hal ini menunjukan bahwa dampak negatif handphone mempunyai hubungan berlawanan arah dengan variabel aktivitas belajar siswa. Dengan tingkat Pvalue X1= 0,000, Pvalue X2 =0,30 dengan menggunakan batas signifikan = 0,05 didapat ttabel (95% ; 32-1) sebesar 1.696. Dari hasil tersebut maka kriteria pengujian yaitu thitung > ttabel atau Pvalue yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima.
Kata kunci: Dampak Alat Komunikasi Handphone, Aktivitas Belajar Siswa
Download berkas