Penulis / NIM
SABRINA IBRAHIM / 911411135
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. RUSLI ISA, M.Si / 0006076604
Abstrak
ABSTRAK
Sabrina Ibrahim, NIM 911 411 135. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango". Skripsi. Dibawah Bimbingan Ibu Meyko Panigoro,S.Pd.,M.Pd Dan Bapak Drs. Rusli Isa, M.Si.. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo 2015
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT pada mata pelajaran IPS terpadu dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hipotesis penelitian tindakan kelas ini adalah "Berdasarkan hal-hal yang menjadi latar belakang dan kajian teoritis yang telah dipaparkan, maka hipotesis untuk penilitian ini adalah: "jika guru menggunakan model kooperatif tipe NHT, maka hasil belajar siswa kelas X SMA NEGERI SUWAWA akan meningkat" dengan indikator penelitian : bila siswa memperoleh nilai atau hasil belajar mengalami ketuntasan yaitu 75 akan meningkat dari 40% menjadi 75%.
Hasil belajar yang belum sesuai dengan yang diharapkan antara lain disebabkan oleh beberapa aspek kegiatan guru yang belum terlaksana secara optimal pada siklus I. setelah dilakukan perbaikan dan penyempurnaan aspek-aspek kegiatan belajar mengajar, pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan pada hasil pengamatan pelaksanaan siklus 2 yang menunjukkan bahwa dari 28 siswa dikelas X-4 SMA Negeri 1 Suwawa tahun 2014/2015 yang dikenai tindakkan memperoleh nilai 75 keatas terdapat 24 orang siswa (85,7%) dengan rata-rata 80,44%. Berdasarkan data analisis nilai yang diperoleh dengan menggunakan Model pembelajaran NHT pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT
Download berkas