SKRIPSI

Penulis / NIM
NURNANINGSIH MOODUTO / 911411142
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Pembimbing 2 / NIDN
MELAN ANGRIANI ASNAWI, S.Pd., M.Si / 0020038203
Abstrak
ABSTRAK Nurnaningsih mooduto. Nim 911411142. "Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Di MAN Model Gorontalo" Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. 2015. Dibawah Bimbingan Dr. Hamzah Yunus, M.Pd selaku pembimbing I dan Melan A. Asnawi. S.Pd.,M.Si selaku pembimbing II. Penelitian ini dilakukan berdasarkan Rumusan Masalah " Apakah terdapat Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa di MAN Model Gorontalo ? Metode yang digunakan pada pelaksanaan penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian yaitu Pengaruh variabel X (Kedisiplinan Belajar) dengan variabel Y (Hasil Belajar Siswa), sampel penelitian berjumlah 64 orang, teknik pengambilan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana. Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah 1). Hipotesis yang berbunyi diduga terdapat "Pengaruh Kedisiplinan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa di MAN Model Gorontalo" dinyatakan benar-benar signifikan dan dapat diterima, 2). Berdasarkan hasil perhitungan diperolah persamaan regresi sebagai berikut = 3.52 + 0.98x. Hal ini berarti setiap terjadi perubahan sebesar satu unit variabel X (kedisiplinan belajar) maka diikuti rata-rata oleh perubahan rata-rata variabel Y (hasil belajar siswa) sebesar 0.98. Selanjutnya berdasarkan hasil perhitungan korelasi (r) diperoleh nilai r = 0.79 hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat kuat antara variabel X terhadap variabel Y, sebesar 62.41% variabilitas Hasil Belajar Siswa dapat dipengaruhi oleh Kedisiplinan Belajar, sedangkan sisanya Sedangkan sisanya sebesar 0.3759 sebesar 37.59% dipengaruhi oleh variabel lain, untuk pengujian keberartian koefisien korelasi diperoleh thitung > ttabel ( 10,15 > 2,00 ) hal ini berarti bahwa menolak H0 dan menerima H1, sehingga dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi berpengaruh positif dan signifikan. Kata Kunci : Kedisiplinan Belajar dan Hasil Belajar Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011