Penulis / NIM
KASMA P. DOTU / 911411149
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Pembimbing 2 / NIDN
RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
Abstrak
ABSTRAK
Kasma P. Dotu. 911 411 149. "Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo". Program Studi Pendidikan Ekonomi Konsentrasi Pendidikan Ekonomi Akuntansi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Ibu Meyko Panigoro, S.Pd, M.Pd dan Bapak Rustam Tohopi, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh pengelolaan kelas terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskritif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dungaliyo yang berjumlah 125 orang dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 30% yakni berjumlah 37 orang. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pengelolaan kelas terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di SMP Negeri 1 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Hal ini ditunjukkan pengaruh pengelolaan kelas terhadap aktivitas belajar siswa dimana output dari analisis regresi sederhana diperoleh nilai signifikan sebesar 0.000 < 0.05.
Kata Kunci : Pengelolaan Kelas, Aktivitas Belajar Siswa
Download berkas