Penulis / NIM
MIRANTI ANGKAREDA / 911411151
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. MAHA ATMA KADJI, M.Si / 0013016605
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK
Miranti Angkareda. 911 411 151. "Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Dan Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Dikelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Kaidipang". Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Konsentrasi Pendidikan Ekonomi Akuntansi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Drs. Maha Atma Kadji., M.Si dan Agil Bahsoan, S.Ag., M.Ag
Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Talking Stick pada mata pelajaran IPS Ekonomi dengan materi Pasar dalam Kegiatan Ekonomi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Eksperimen dengan rancangan Randomized Pree test-Post test Comparison Group Design. Penelitian ini disebut penelitian populasi dikarenakan jumlah siswa kelas XI Akuntansi hanya berjumlah 39 orang.
Data dalam penelitian ini diambil berupa hasil belajar aspek kognitif siswa. Data ini dikumpul dengan menggunakan instrumen test hasil belajar siswa. Analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t. Hasil pengujian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan skor (X1) = 86.58 lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dengan (X2) = 81.00. Dengan demikian hipotesis penelitian berbunyi:" terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan tipe talking stick terhadap hasil belajar siswa di kelas XI Ak pada mata pelajaran IPS Ekonomi di SMA Negeri Kaidipang ", dinyatakan terbukti dan diterima secara ilmiah.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Jigsaw, Talking Stick, Hasil Belajar Siswa.
Download berkas