Penulis / NIM
SILVANA / 911411158
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
Hj. IRAWATI ABDUL, SE, M.Si / 0009027402
Abstrak
ABSTRAK
Silvana. "Perbedeaan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperati tipe Think Pair Share dengan Model Pembelajaran Langsung Pada Mata Pelajaran Ekonomi" (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango). Dibawah bimbingan Bapak Dr.Rosman Ilato.,M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Hj.Irawati Abdul,SE.,M.Si selaku pembimbing II. Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar perbedaan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran ekonomi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X5 dan kelas X7 SMA Negeri 1 Tapa pada tahun ajaran 2014/2015 sejumlah 47 orang. Pengumpulan data yang digunakan adalah berbentuk tes essay. Tes diberikan kepada siswa yang berada dikelas eksperimen dan dikelas kontrol pada saat post-test. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung = 7,00 untuk = 0.05 diperoleh nilai tdaftar = 2.02, hal ini menunjukan bahwa H0 tolak, jadi terima H1. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 1 Tapa Kab. Bone Bolango.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share, Hasil Belajar Siswa
Download berkas